Jangan Takut Dengan Komen Negatif Dari Para Netizen Atau Orang Yang Tidak Dikenal

Jangan Takut Dengan Komen Negatif Dari Para Netizen Atau Orang Yang Tidak Dikenal

Bagi kalian yang menggunakan media sosial. Pasti kalian tidak lepas dari hujatan dan pujian dari netizen. Baik dari orang yang kalian kenal atau tidak kalian kenal. Dan itu wajar saja. Karena semua orang memiliki kebebasan dalam berpendapat. Begitupun dengan kita. Apalagi media sosial dibuat untuk terbuka, untuk dapat diakses oleh banyak orang. Sehingga post kita, segala foto atau video atau reels, gifts dan lain sebagainya yang kita share di media sosial. Dapat dilihat oleh siapa saja. Dan kita tidak bisa mengontrol pendapat orang saat melihat post kita. 

Jangan Takut Dengan Komen Negatif Dari Para Netizen Atau Orang Yang Tidak Dikenal

Mungkin kita bisa mengatur di setting, untuk siapa saja yang bisa melihat post kita. Misalnya, followers kita saja, atau following kita, atau beberapa orang yang kita tentukan. Mungkin kita bisa mengatur itu. Tapi soal pendapat dan asumsi orang. Kita tidak bisa mengaturnya. Sehingga orang yang melihat post kita, dan memiliki penilaian positif ataupun negatif tentang itu, tidak bisa kita kontrol dan marah. Karena itu hak mereka dalam berpendapat. Untuk itu sebelum kalian menggunakan media sosial, kita harus pahami segala resiko yang bisa saja kita dapati saat menggunakan media sosial. 

Untuk itu, kita harus memiliki hati yang besar dalam menerima saran dan kritikan. Bahkan beberapa pernyataan yang sudah mengarah pada hujatan. Karena mulut orang, tangan oran, pikiran orang tidak bisa kita kontrol. Jadi kita bisa kontrol di diri kita. Bagaimana kita merespon semua itu. Dan kita mengontrol diri kita, mana yang akan kalian masukkan di dalam hati dan tidak. Jadi saran saya untuk kalian pengguna media sosial, kalian harus memiliki mental yang kuat. Karena kadang ucapan netizen tidak kalah sakit dengan luka sayatan. 

Karena banyak orang yang tidak berpikir panjang sebelum memberikan komentar, dan begitupun sebaliknya, kadang kita juga begitu, tanpa kita sadar. Jadi kita bisa belajar untuk lebih berhati-hati dalam memberikan kritik dan saran kepada orang lain. Apalagi yang kita tidak kenal. Dan jangan terlalu menjadi manusia yang kecil hati yang mudah sakit hati saat orang memberikan kata negatif. Jika omongan orang tidak sesuai dengan kenyataan, anggaplah mereka tidak tahu apa-apa yang hanya menilai dari apa yang mereka lihat.